Kamis, 14 Juli 2011

Tips Membeli Barang Secara Online Yang Aman

Akhir-akhir ini banyak penawaran barang di internet terutama jejaring sosial semacam facebook, twitter, maupun kaskus dan sebagainya. Barang yang ditawarkan bermacam-macam namun umumnya adalah gadget seperti laptop, ponsel, tablet PC dan sebagainya. Kita bisa lihat ketika dinding ( wall ) facebook kita banyak terisi gambar-gambar penawaran gadget.

Salah satu keuntungan membeli barang secara online adalah mudah, kita tidak perlu keluar rumah atau tempat kerja, tinggal klik sana sini, lalu telepon nomor pesan, kirim uang pakai mobile banking, barang dikirim, selesai. Namun sangat mungkin jika ternyata penawaran barang itu adalah penipuan belaka, tujuannya jelas meraup uang dengan modus menjual barang namun barang yang ditawarkan di internet tidak ada.
Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa penjual online itu adalah asli bukan penipu, ikuti tips berikut,

1. Carilah penjual online yang sudah mempunyai kredibilitas dan reputasi yang baik di dunia maya, bisa atas rekomendasi teman, atau informasi lain. Biasanya mereka adalah pemain lama dalam bisnis online, sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi. Atau penjual yang memang punya gerai atau toko gadget ternama.

2. Jika itu penjual baru, alias pemain baru, carilah alamat rumahnya, tokonya atau tempat ia mangkal lah, sebaiknya hindari penjual yang mencantumkan alamat di luar kota, namun jika penjual itu memang sudah punya kredibilitas yang baik tidak mengapa.
3. Jangan tertarik pada harga yang terlalu miring, dengan alasan barang selundupan, misalnya saja Iphone 4 G ditawarkan dengan harga Rp.3000.000,- , padahal dipasaran masih seharga Rp. 6 jutaan lebih. Bisanya penjual mengatakan barang berasal dari Batam, atau dia berlokasi di Batam, sebaiknya hindari yang semacam ini.

4. Jika penjual menginginkan untuk bertransaksi secara langsung dengan kita, maka sebaiknya kita membawa teman untuk menemani kita, untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Lihat gambar barang atau gadget yang ditawarkan, biasanya penjual beneran akan mengupload gambar barang asli yang ia tawarkan, biasanya disertai juga dengan gambar penjualnya atau gambar tokonya, sebaiknya hindari penjual yang hanya mencomot gambar dari google, selain gak mau modal, mereka juga diragukan kredibilitasnya.

6. Sebaiknya carilah penjual yang mencantumkan nomor rumah seperti 021-6 digit angka, itu pasti nomor rumah, kalau 021-lebih dari 6 digit angka itu pasti nomor ponsel.

7. Carilah pejual yang mau bertransaksi lewat rekening bersama, apa itu rekening bersama, rekening bersama adalah sebuah rekening yang digunakan untuk jual beli online dunia maya, untuk menghindari penipuan, sang pembeli tidak perlu takut tertipu karena jika barang yang ia beli ternyata tidak kunjung datang maka uang bisa kembali karena transaksi dianggap batal, sedangkan penjual online tidak perlu susah payah membangun reputasinya agar terpercaya, info lebih lanjut kunjungi www.rekeningbersama.com

0 komentar:

Spirit Of Beyond

Spirit Of Beyond
BERKORBAN UNTUK PERUBAHAN
Semoga seluruh isi posting ini menginspirasi umat Islam untuk menjadi pelopor teknologi, tidak hanya menjadi pengguna saja. Posting blog adalah independen atau tidak bermaksud mempromosikan produk tertentu

Label

Fans Facebook